Semangka Merah vs Semangka Kuning, Mana yang Lebih Baik?

 

Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan buah yang memiliki rasa manis dan segar yang satu ini. Namun, apakah Kamu tahu jumlah kalori semangka? Meski demikian, semangka merupakan buah yang kaya akan nutrisi.

Buah semangka kaya akan kalium dan menurut American Heart Association, nutrisi tersebut sangat penting dalam membantu mencegah tekanan darah tinggi dengan membantu mengeluarkan garam yang tersimpan dalam urine, juga mengurangi ketegangan pembuluh darah.

Selain itu, semangka merupakan sumber vitamin A dan C yang baik untuk kesehatan tubuh. Satu studi pendahuluan pada tikus yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition Research menyimpulkan bahwa semangka dapat meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh.

Antioksidan bantu melawan peradangan dan dapat mengurangi lipid darah untuk mengurangi risiko penyakit jantung secara keseluruhan.

Lalu, berapakah jumlah kalori dalam jus semangka, kalori semangka merah, dan semangka kuning? Simak selengkapnya!

Kalori Jus Semangka

Mengutip laman Fat Secret, berikut jumlah kalori dalam 1 cangkir jus semangka, beserta jumlah kandungan nutrisi lainnya.

  • Kalori: 71
  • Lemak: 0,36 gram
  • Karbohidrat: 17,97 gram
  • Serat: 1 gram
  • Gula: 14,76 gram
  • Kalsium: 17 mg
  • Zat besi: 0,57 mg
  • Kalium: 267 mg
  • Vitamin A: 67 mcg
  • Vitamin C: 19,3 mg

Jus semangka sangat baik bagi kesehatan, terutama bagi Kamu yang aktif berolahraga. Pasalnya, salah satu studi yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan bahwa jus semangka efektif mengurangi nyeri otot setelah berolahraga.

Kamu bisa mengonsumsi semangka sebagai jus dan smoothies atau dalam bentuk buah segar dengan cara dipotong-potong. Bisa juga dikonsumsi sebagai campuran salad buah atau salad sayur.

Semangka Merah vs Semangka Kuning, Mana yang Lebih Baik?

Setelah mengetahui jumlah kalori semangka, baik ketika diolah menjadi jus atau dimakan segar, Kamu  mungkin bertanya-tanya apakah ada perbedaan antara semangka merah dan semangka kuning? Lalu, manakah jenis semangka yang lebih baik di antara keduanya?

Perlu Kamu ketahui, semangka kuning adalah sumber beta karoten yang baik. Sementara itu, semangka merah kaya akan sumber likopen.

Beta karoten dan likopen tersebut merupakan karotenoid provitamin A yang ditemukan pada tanaman. Tubuh mampu mengubah beta karoten menjadi vitamin A di dalam tubuh, tetapi tidak mampu mengubah likopen.

Meski demikian, beta karoten atau likopen adalah antioksidan yang dapat memberikan perlindungan terhadap kanker dan penyakit mata. Jadi, kedua jenis semangka tersebut sama baiknya untuk kesehatan.

Tips Memilih dan Menyimpan Semangka

Tidak hanya mengetahui jumlah kalori semangka, Kamu juga perlu mengetahui cara tepat dalam memilih semangka, beserta cara mengonsumsi dan menyimpannya. Berikut tips yang bisa Kamu terapkan.

  • Semangka matang ditandai dengan buah yang terasa berat untuk ukurannya.
  • Bagian luar semangka harus kokoh dan bebas dari torehan atau penyok.
  • Titik tanah atau tempat semangka diletakkan di tanah harus berwarna kuning krem, bukan putih.
  • Semangka segar yang belum dipotong dapat disimpan pada suhu kamar.
  • Panas akan menyebabkan daging semangka mengering, jadi jika di luar panas, semangka harus disimpan di tempat yang sejuk, seperti tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung atau lemari es.
  • Semangka yang belum dipotong dapat disimpan di lemari es selama 2-3 minggu.
  • Sementara semangka yang sudah dipotong dapat disimpan dalam lemari es hingga 5 hari jika disimpan dalam wadah tertutup atau kantong plastik tertutup.
  • Semangka juga bisa disimpan beku dalam frezeer dengan cara mengupas kulitnya dan memotong daging buah hingga beberapa bagian.

Itulah informasi mengenai kalori semangka yang diolah menjadi jus atau dikonsumsi segar, baik jenis semangka merah maupun kuning. Untuk mendapatkan semangka dengan kualitas terbaik tersebut, Kamu bisa berbelanja di TaniHub. Tanihub merupakan platform e-commerce yang menawarkan produk dari para petani lokal yang ingin menjual hasil panen mereka langsung ke pembeli. Selain membantu para petani lokal, Kamu juga bisa mendapatkan penawaran harga yang lebih terjangkau langsung dari petaninya.

Bukan hanya semangka, Kamu juga dapat membeli aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, kebutuhan masak hingga sembako. Lengkap bukan? Yuk belanja di TaniHub 😊

Semoga informasinya bermanfaat ya.